Senin, 26 September 2011

Cara Membuat Akun di karir.com

Seiring perkembangan jaman yang maju dengan pesatnya ini... bukan tidak mungkin hal yang susah menjadi sangat gampang... contohnya saja jika kita akan melamar pada suatu perusahaan tertentu, di era yang serba maju ini, kita bisa dengan sangat mudah memperoleh notifikasi atau pemberitahuan tentang lowongan pekerjaan yang up to date dengan hanya mendaftarkan diri disebuah website yang notabene dibuat khusus untuk jasa lowongan kerja... salah satunya adalah di http://karir.com/

Bukan ingin mempublikasikan, tetapi Pengalaman saya bergabung dengan http://karir.com/ yaitu sejak tahun 2010 silam, ternyata dengan modal koneksi internet dan data diri yang memang bukan lulusan yg waahh.. hanya lulusan STM Mesin, saya sering mendapat telepon panggilan untuk melakukan serangkaian tes dari perusahaan - perusahaan yang lumayan bonafit di daerah banten.

Nah, dengan adanya pengalaman ini saya mencoba untuk share dengan temen-temen nich jikalau masih menganggur dan ada pula yang sudah bekerja tapi tak sesuai dengan job nya atau apalah namanya... (namanya juga orang kerja... hehe) saya ingin mencoba berbagi tutorial / cara untuk membuat akun di http://karir.com/ dengan editan yang ala kadarnya... OK.. lets checkedut...!!


Pertama kita masuk ke website karir.com, cukup tulis karir.com saja di mbah google nanti akan nongol link sitenya. nah preview nya seperti ini nich :






















Kedua, Daftarkan diri kita dengan membuat sebuah akun yaitu dengan menekan button link REGISTER

 










Ini Lho Previewnya...


Setelah masuk, disitu akan terlihat form registrasi yang harus kita isi dengan lengkap, saya contohkan seperti ini :


Nah, disini Pilih yang FREE ya... lalu Register untuk mendaftar



















































Dengan Form Diatas kita bisa memilih mana yang mau kita pilih, yang berbayar atau free. Kalo mau yang berbayar ya tinggal liat ja ketentuannya OK.

Selanjutnya setelah kita klik button register tadi akan muncul form Notifikasi (Pemberitahuan) Bahwa pendaftaran anda telah selesai dengan memunculkan semua data diri anda yang sudah dimasukkan tadi.

Ini view Form Pendaftaran yang sudah masuk

Selanjutnya anda klik MASUKKAN RESUME yang terletak dibawah form tadi, untuk proses selanjutnya.
Setelah itu muncul form data pribadi, berikut review nya :

Sengaja saya buat agak terpotong bagian atasnya, karena sudah terisi pada saat pengisian form awal, sekarang yang mesti kita isi tinggal :
* Tanggal Lahir
* Gender
* Kewarganegaraan
* Status Sampai pada Industri yang di inginkan
Kemudian tekan tombol Proses, untuk memproses data yang sudah dimasukkan tadi.
Lalu masuk ke form pendidikan, berikut preview nya :














Nah, disini kita masukkan riwayat pendidikan kita, sudah saya contohkan dengan gambar diatas.
Berikutnya tekan tombol Proses lagi, dan anda akan menemukan form riwayat pendidikan untuk di update dengan pendidikan yang sekarang. di form ini anda bisa menambahkan semua riwayat pendidikan anda.
berikut review nya :

















Nah, dengan adanya form diatas, kita bisa meng update pendidikan yang sudah kita selesaikan, misalnya sudah lulus S1, seperti contoh diatas dengan menekan tombol tambah. Jika tidak ada yang perlu di update, tinggal kita tekan tombol Berikutnya.

Lalu kita akan masuk form selanjutnya, yaitu form PENGALAMAN KERJA.
Berikut review nya :






















Nah, Form diatas ini adalah isian pengalaman kerja kita, jika ada kita isi dan jika tidak ada kita lewati saja dengan menekan tombol Berikutnya. 

Di form ini juga kita bisa meng update pengalaman kerja kita seperti contoh form dibawah ini :



























Contoh Form diatas adalah data pengalaman kerja yang sudah ter update, yaitu pengalaman kerja pertama di Nippon Seiki dan yang kedua di Yasunaga Indonesia. 
Nah, yang terakhir saya contohkan pengalaman kerja yang ketiga, yaitu posisi kerja masih aktif di PT. Krakatau Steel. Caranya dengan mencentang atau men-ceklist kotak kecil disamping tulisan "Harap cek disini jika Anda masih bekerja di perusahaan ini" dan tekan tombol tambah untuk meng update. JANGAN LUPA UNTUK MENGISI DESKRIPSI KERJA JUGA YA, INI WAJIB. Kalo masih bingung mau ngisi apa, udah saya contohkan koq di image yang diatas. ^_^

Kemudian tekan tombol Berikutnya untuk proses selanjutnya, yaitu masuk ke form INFORMASI TAMBAHAN. Berikut Review nya :

























Isi Form diatas ini sesuai dengan yang kita inginkan, jika anda siap bekerja setiap saat, cukup pilih radio button (bentuknya bulat) di pilihan "Setiap saat". Atau anda bisa memilih opsi yang kedua atau yang ketiga sesuai keinginan anda. Contoh image diatas saya rasa cukup untuk mengilustrasikannya. Lalu Ceklist 2 tanda kotak kecil sesuai dengan keperluan anda. Klik tombol Proses untuk memprosesnya, dan klik Berikutnya untuk tahapan selanjutnya.

Tahapan selanjutnya yaitu Form Pengisian STANDAR SURAT LAMARAN KERJA
Berikut review nya :
Isi Form diatas dengan standar surat lamaran kerja anda. Mau bahasa Indonesia boleh, bahasa Inggris juga boleh tergantung minat anda. Klik tombol Proses untuk memprosesnya, dan klik Berikutnya untuk tahapan selanjutnya.

 Tahapan selanjutnya yaitu Form UPLOAD FOTO / VIDEO anda
Berikut review nya :

 Image diatas ini adalah form untuk meng upload foto atau video anda. Dengan catatan bahwa Foto yaitu Foto Standar Lamaran Kerja (Biasanya Formal dengan Background merah) bukan foto - foto lain. 
Untuk standar Video, anda tinggal klik link TIP&TRIK di pojok kanan atas untuk membuat ketentuan standar video untuk lamaran kerja. Mudah bukan?

klik Berikutnya untuk tahapan selanjutnya.

 Tahapan selanjutnya yaitu Form All Result atau Form Semua Hasil Resume yang telah kita masukkan tadi, fungsi form ini yaitu bertujuan untuk mengecek kembali data - data yang telah dimasukkan tadi, jika ada yang kurang tinggal kita update / rubah kembali.
Berikut review nya :

 Setelah anda menyelesaikan pengisian form tadi, seperti contoh image diatas ini, proses selanjutnya yaitu mengaktivasi akun kita dengan cara masuk ke email yang sudah kita masukkan tadi.

Berikut review nya setelah kita masuk ke email kita :

Nah, Setelah kita masuk ke email kita, ada 1 notifikasi atau pemberitahuan dari customer service karir.com seperti yang saya tandai di image diatas ini. Klik link nya untuk membaca isi yang dikirim customer service tadi dan timbul gambar dibawah ini :














Nah, Anda tinggal klik link yang saya tandai / lingkari diatas untuk proses pengaktivasian akun anda di karir.com.
Setelah anda klik, otomatis link tersebut menuju ke karir.com dan memberikan notifikasi atau pemberitahuan bahwa akun anda telah berhasil di aktivasi / KEANGGOTAAN BERHASIL...
Nah, ini dia review nya :









Untuk mengetes keanggotaan telah berhasil, anda log out / log off dulu dari karir.com, kemudian masuk kembali dengan memasukkan email dan password yang telah dibuat.
berikut review nya :




Alhamdulillaaahh.... Selesai dech....
Sekarang tinggal anda rajin - rajin aja liat inbox di email anda, sapa tau aja ada kerjaan yang sesuai dengan yang kita inginkan / sesuai dengan background pendidikan kita yang dikirim oleh karir.com ke email kita. Selain itu, saya juga punya pengalaman langsung dapat panggilan tes di perusahaan via telepon langsung dari karir.com. 

~ SELAMAT MENCOBA ~

1 komentar:

  1. nih update nya per kapan ya saya coba register selalu fail,masuk ke menu search job

    BalasHapus